Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

Oh, Getah Pohon Jarak…

with 16 comments

Setelah ngeliat postingan mba yang satu ini, saya jadi inget semasa kecil dulu jaman saya SD. Lho jadi apa hubungannya antara si Nilla, Pohon Jarak, sama Semasa saya SD dahulu kala?

Jadi begini loh, Nilla kan cerita kalo lidahnya kegigit pas waktu dia tidur, *makanya La, kalo tidur giginya ditaruh di meja aja biar ngga kelayapan kemana2… :d * Sampe-sampe lidahnya berdarah-darah luka, hmm gitu sih katanya menurut berita yang aku baca…

Trus, hubungannya ama pohon jarak dan semasa SD apaan Ji?
Waktu itu, waktu kecil dulu, waktu rumahku masih di Kampung Kelapa Dua dulu (Bogor =tapi sekarang Depok). Pohon Jarak yang letaknya persis di belakang rumah saya dan persis juga di samping Kuburan sebuah Keluarga bangsawan disana, dimasa itu cukup berguna buat kesehatan masyarakat. Terutama bagi warga yang sedang mengalami sakit sariawan, baik sariawan di Lidah maupun di Bibir.

Pohon Jarak 1Pohon Jarak 2

Pasti lah, setiap orang yang lagi sariawan langsung aja menuju pohon jarak tersebut dan ngambil sedikit batangnya yang masih hijau segar. Disitu kan nanti keluar getah kental warna bening (apa putih ya… lupa). Trus getahnya itu di oles-oleskan ke tempat pusat sariawannya. Rasanya sih emang agak perih banget sedikit. Tapi khasiatnya boleh diadu sama obat-obat sariawan… Dibanding Obat sariawan yang dijual di pasaran, menurut penelitian saya getah jarak terbukti 80% lebih manjur mengobari sariawan.

Pengalaman pertama berobat pake Getah Jarak yaitu pas saya ngeliat seorang anak kecil yang sedang krusak-krusuk di kebon Jarak samping kuburan. Setelah saya tanya, “Lagi ngapain Neng?”

“Lagi ngobatin sariawan, Bang”, katanya terus pergi lagi lari ke rumahnya.

Pikirku kok aneh ya getah jarak kok buat obat sariawan, tapi ternyata setelah aku coba sendiri sewaktu terkena serangan sariawan, aku coba lah getah itu. Eh ternyata bener, manjur… Swer…

Nah, Sekarang kegunaan Pohon Jarak udah bertambah lagi setelah menjadi obat sariawan tradisional, sudah lebih maju sebagai bahan untuk membuat bahan bakar biodiesel. Keren Ya…!!

Written by ajiputra

January 28, 2008 at 20:10

16 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. oh… ternyata beneran toh, Ji? kirain becanda… :P
    eh, tp belum apa2 kok udh kebayang ya nyerinya? :|

    Juminten

    January 28, 2008 at 20:57

  2. di tempat saya pohon macam itu baru dipake jadi pagar disawah

    annots

    January 29, 2008 at 15:15

  3. jaaah.
    inget, kemaren punya proyek nanem pohon jarak 800 biji. Sekarang nggak diurus di belakang rumah, menghutan. :lol:

    Payjo

    January 29, 2008 at 21:34

  4. # nilla
    Beneran kok, coba aja…

    # annots
    boleh dicoba tuh mas..

    # paijo
    Wih, bisa buat obat sariawan orang sekampung lu tuh Jo!!

    ajiputra

    February 4, 2008 at 17:43

  5. sayand di tempatku nggak ada pohon itu, lagi sariawan juga nih :(

    Elys Welt

    February 4, 2008 at 23:24

  6. whehehe, keren yah pohon jarak…
    bisa buat obat sariwawan.
    tak kirain cuma jalan jarak aja yang terkenal ;))

    tukang foto keliling

    February 6, 2008 at 01:51

  7. Wah, obat tradisional mmg gak kalah yah sm obat2 modern itu,
    trus kayanya lebih aman lagi,
    saya belum pernah nyoba sih,
    soalnya jg jarang sariawan,
    meheheee.. *lirik2 Nilla :D :P *

    Nona Nieke,,

    February 8, 2008 at 11:45

  8. iya getah jarak manjur banget… gue udah dari kecil pake getah jarak kalo sariawan
    gue sering banget sariawan, makanya tuh puun jadi puun yg wajib ditanem di rumah…

    cihuy

    March 31, 2008 at 15:48

  9. saya tambahkan sedikit deh. saya biasanya menggunakan getah jarak buat obat luka, lebih manjur buat menghentikan pendarahan dari pada betadine atua obat luka yang lain. saya sudah pake getah jarak dari kecil doeloe.

    fleahlit

    September 8, 2008 at 20:13

  10. eh double posting nih sorry ada lagi tambahannya, kalo ketelan getahnya dalam jumlah banyak bisa jadi berobah fungsi lho, jadi obat PENCAHAR…. hehehehehe

    fleahlit

    September 8, 2008 at 20:15

  11. wah…….jika memang manjur aku pingin coba untuk istri
    yang selalu mengeluh sariawan

    spetnaz

    June 5, 2009 at 00:31

  12. Saya kebetulan ada permintaan jarak dalam jumlah banyak dan kontinu, apabila Bapak/Ibu/Sdr. yang memilikinya saya siap kontrak. HP 081373212009

    masduki

    January 7, 2010 at 14:23

  13. embah gw yang usianya 88 tahun kalo lagi rewel karena sakit perut
    juga ditampel perutnya pake daun jarak….
    dan bibirnya ditetesin getahnya…
    dan ternyata langsung diem nangisnya..

    yanti

    April 1, 2010 at 09:23

  14. Trus kalau balita yg sariawan lidahnya bahaya nggak kalau diolesin getah jarak

    Andry

    April 26, 2010 at 01:37

  15. Kalau gak salah, jarak yang buat obat dan jarak untuk bio disel jenisnya beda ya?

    Agam

    June 3, 2011 at 14:59

  16. kalo pengalaman ane getahnya untuk mengobati sakit gi2 yang berlobang. caranya ambil getahnya te2skan ke kapas lalu taruh pada gi2 yang berlobang. .tdk lama sakitnya reda. lakukan sehari 2kali . .1 hari insyak Alloh sembuh. .ane dah buktikan. . .

    woto jawi

    August 11, 2013 at 18:57


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

