Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

Archive for October 2007

Gossip[dot]himatifa[dot]org

with 5 comments

Coba lihat link yang ini, atau kalo mao lebih jelasnya buka yang ini.
Ada-ada aja anak2 kalo bikin rame…(mentang-mentang suasana TF lagi panass…)

Tapi lucu juga sih, sebagai penyegar suasana, hehehe…

Written by ajiputra

October 30, 2007 at 19:23

Posted in Biasa-biasa aja

Asprak… oh Asprak…

with 2 comments

ASPRAK, Bukan ASDOS.. kata-kata itulah yang sekarang ini sering aku ingatkan kepada teman2 baik sesama asprak maupun praktikan. Eh, Asprak itu apa sih.. Asprak itu kependekan dari Asisten Praktikum, beda dengan ASDOS (Asisten Dosen). Dari Nama, Sebutan, Tugas, bahkan Gaji-nya juga beda banget tuh. Kalo Asprak itu tugasnya ngurusin praktikum, mulai dari ngasih tugas pendahuluan ke praktikan, meng-asistensi praktikan, jagain praktikum, sampe ngasih nilai-nilai praktikan, tentunya kita pun gak sembarangan ngasihnya. Didalam sana sudah ada rule-rule dan aturan main yang berlaku yang harus di taati oleh asprak dan para praktikan. Kalo Asdos beda lagi… dia itu Asisten Dosen, beda lagi kerjaanya sama kita (Asprak) apalagi gaji-nya.

Sudah sekian lama aku menyandang “gelar” Asprak di Informatika UPN ini, kalo di hitung-hitung, kira kira sudah 2 tahun beberapa bulan lah. Pastinya mulai dari semester 3 aku sudah jadi Asprak. Mungkin pada heran… semester 3 kok sudah bisa jadi Asprak ya?? yah harap maklum, Jurusan Informatika UPN adalah jurusan termuda yang dimiliki UPN. Waktu saya masuk kuliah dulu, saya merupakan generasi ke-2 (Alias angkatan ke-2) dari Informatika UPN. Dan di TF UPN masih belum memiliki banyak asisten dari angkatan 2003 (jadinya kekurangan asisten di TF), jadinya pas waktu saya semester 3 waktu itu ada lowongan perekrutan asisten, saya coba lah itu lowongan bersama beberapa teman2 saya. Alhasil, ada yang keterima dan sebagian ngga diterima. dan dari yang diterima jadi Asprak yang masih tetap “bertahan” sampe sekarang ada saya, farid, juliant, ulfah, dan masih banyak lagi.

Sampai sekarang, banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari segi saya sebagai Asprak. Banyak pengalaman, banyak pengetahuan, tambahan buat beli pulsa, dsb… Dan tidak sedikit pula saya menerima banyak respon baik positif maupun negatif dari mahasiswa TF (yang biasa-biasa aja). Kadang ada yang seneng sama Asprak, suka sama Asprak (apalagi kalo diminta ngajarin materi kuliah yang gak ngerti, mesti nanya’nya ke asprak dulu), dan tidak jarang banyak juga yang membenci asprak, menghujat, bahkan melakukan tindakan2 yang engga-engga kepada Asprak. Itu semua saya anggap sebagai pahit dan manisnya menjadi seorang Asprak.

Asprak… Oh Asprak…

Dan kelihatannya semester ini adalah tahun terakhir saya menjadi Asprak, mudah2an tahun depan saya udah kelar TA dapet S,Kom, dan melanjutkan perjalanan hidup saya ke metamorfosa selanjutnya. Saya cuma bisa berdoa dan berharap, semoga generasi Asprak mendatang lebih baik lagi dari yang sekarang, Amin.

Hidup Asprak..!! Hidup TF..!!

Written by ajiputra

October 30, 2007 at 12:26

Selamat Hari SUMPAH PEMUDA…!!

leave a comment »

PANCA DHARMA SATYA RESIMEN MAHASISWA INDONESIA

  1. KAMI ADALAH MAHASISWA WARGA NEGARA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA.
  2. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG SADAR AKAN TANGGUNG JAWAB SERTA KEHORMATAN AKAN PEMBELAAN NEGARA DAN TIDAK KENAL MENYERAH.
  3. KAMI PUTRA INDONESIA YANG BERJIWA KESATRIA DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SERTA MEMBELA KEJUJURAN DAN KEADILAN.
  4. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG MENJUJJUNG TINGGI NAMA DAN KEHORMATAN GARBA ILMIAH DANSADAR AKAN HARI DEPAN BANGSA DAN NEGARA.
  5. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG MEMEGANG TEGUH DISIPLIN LAHIR DAN BATIN, PERCAYA PADA DIRISENDIRI DAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NASIONAL DIATAS KEPENTINGAN PRIBADI MAUPUN GOLONGAN.

 
Tulisan diatas bukan hanya sekedar janji yang diucapkan oleh seorang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa), tapi merupakan sebuah janji yang harus diamalkan oleh para anggota menwa. Baik dalam bentuk lisan dan perbuatan.

Dalam era yang seperti ini, entah tinggal berapa persentase para pemuda khususnya mahasiswa yang memiliki rasa disiplin dan mempunyai jiwa nasionalisme yang kuat. Sekarang coba kita lihat, berapa banyak budaya dari luar yang masuk ke negara kita tercinta ini sehingga menyingkirkan budaya-budaya Indonesia.

Salah satu cara menunjukan dan melatih jiwa cinta tanah air di lingkungan mahasiswa salah satu bentuknya adalah bergabung dengan keanggotaan Resemen Mahasiswa. Tapi tawaran untuk bergabung dengan Menwa kebanyakan langsung dibuang mentah-mentah oleh para mahasiswa. Dikarenakan oleh kesalah pahaman dan perbedaan tentang cara pandang melihat Menwa oleh mahasiswa.

Banyak yang mengira Menwa merupakan sisi militerisme dari sebuah kampus, dan militerisme diidentikan dengan kekerasan, sehingga para mahasiswa langsung memandang negatif tentang menwa sebelum melihat ke sisi dalam dari Resimen Mahasiswa itu sendiri. Padahal jika mereka tidak dihantui perasaan yang sedemikian itu, maka yang mereka lihat sebenarnya tidak akan seburuk yang merekaa bayangkan selama ini.

Tapi dibalik itu semua, Resimen Mahasiswa pada dasarnya adalah sebuah wadah organisasi yang berorientasi akan pembelaan negara (Pasal 30 UUD 1945). Menwa juga merupakan tempat untuk melatih disiplin, melatih mental, fisik, dan kepribadian kita. Menwa lahir karena sejarah yang panjang dan tidak akan luntur karena sejarah itu pula.

Buat para Anggota Menwa, semua Pemuda Indonesia, dan semua yang (masih) berjiwa muda, Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari kita wujudkan pemuda Indonesia yang tangguh, berjiwa nasionalisme, dan memiliki disiplin tinggi.

Written by ajiputra

October 27, 2007 at 09:58

Posted in Batalyon 806

Sempet-sempetnya

with 2 comments

sempet2nya lagi makan di KFC Carefur jogja kebetulan bawa laptop, coba wi-fi… eh ternyata ada koneksi dari citranet

ya udah… nge-posting dikit ah…

Nb:

Met Lebaran 1428 H..

Maap Lahir batin…!!

Written by ajiputra

October 13, 2007 at 20:49

Posted in Biasa-biasa aja

MUDIK..!!

leave a comment »

Akhirnya.. setelah sekian lama nggak ngerasain liburan (karena sibuk apa menyibukan diri ya…?), akhirnya besok aku Mudik..!! belom tau jadwal pasti keberangkatannya sih.. Tapi yang pasti bakalan mencakup ke wilayah Jogja dan Semarang (mungkin berangkat besok siang naik mobil sekeluarga). Tapi mungkin mudik sekarang agak berbeda dari mudik-mudik tahun sebelumnya, soalnya sekarang mas kelik mudiknya ke rumah mertuanya di Tulung agung. Yah doakan saja semoga perjalanan mudik kami selamat dari mulai keberangkatan sampai pulang lagi ke Surabaya. Amin.
Sekalian mengucapkan sampai jumpa pada dunia maya, teman-teman, Mas2 dan Mba2 Dosen TF, Seluruh Staf dan karyawan di Komunitas2 di TF (ILC, KOLU, MIO) dan lainnya. Aku juga ngucapin Selamat Idul Fitri 1428 H. Maafkan lahir batin ya..!!

Written by ajiputra

October 10, 2007 at 19:29

Posted in Biasa-biasa aja

Nembak APFTSPnet (1)

leave a comment »

Siang hari yang panas, kami semua berkumpul, ada aku, Faizal, Angga, Insan. Berawal dari sebuah ide yaitu pergi ke FTSP untuk menikmati akses internet yang cukup banter ketimbang lambatnya akses internet di FTI. Mulai dari jam 11, kami sudah siap dengan persenjataan lengkap dan amunisi penuh beserta peluru cadangan yang cukup memadai untuk menikmati banternya bandwith di FTSP. Selang 1 Jam, matahari nyentrong panas buanget, akhirnya si angga ngajak wangsul (Pulang) ke markas besar di Giri Santika TF. Ya udah, kita juga pada pusing gak ketulungan gara-gara panasnya bukan main, ya akhirnya kita pulang dengan langkah lemas bak tentara kalah perang.

Di perjalanan, ide cerah terpancar dari mulut si Faizal “Eh, Gimana kalo kita rubah arak tembak antena kaleng kita yang ke puskom jadi ke FTSP?”.

Spontan kita yang lagi lemes jalan kaki (Karna lagi puasa) langsung bangkit semangatnya untuk melancarkan ide jahat tersebut. Langsung aja kita kerahkan segala tenaga yang ada untuk bikin perangkat tersebut. perlengkapan yang kami gunakan adalah:

1. Seperangkat komputer “Kebo” Built in merk Compac Proliant ML 350.

2. Seperangkat Wlan Card yang dipasang di Komputer “Kebo” tersebut.

3. Seperangkat Antena Kaleng yang tadinya buat nembak ke Puskom.

4. Tenaga yang tersisa pada masing masing dari kami.

Langsung aja Faizal nginstal Kolu-router1 (nanti postingannya nyusul). abis gitu bagiannya Anasrul untuk loncat ke jendela lantai 2 untuk nyoba nembak ke arah APFTSPnet. Sekian lama mencoba… lha kok gagal… Sampe akhirnya Anasrul bosen dan dia akhirnya mogok kerja(tidur-capek kali karena puasa-). gak taunya kabel antenanya gak mancep (Jangan bilang2 nasrul ya.. nanti bisa-bisa dia bisa ngamuk..

Abis gitu gua dah yang turun tangan, lepas hem, lepas sepatu, pake sendal, pake topi, pake sarung tangan, pake jaket. Loncat jendela lah gua dari jendela Lab BP. Terus langsung memastikan semuanya telah terpasang dengan baik, termasuk colokan antena ke komputer “kebo”.

Waktu demi waktu, tembakan demi tembakan, dari lantai 2 dicoba, pindah nembak dari lantai 1, pindah lagi ke lantai 2, sempet pindah juga nembak dari lantai 3… tapi hasilnya belom keliatan. Yang ter-scan cuman akses poinnya yang jelek punya TF aja. Padahal udah dibela-belain ampe kesetrum kabel listrik yang telanjang jlantrang di tembok (sialan.. untung gak jatoh dari lantai 2)

wah… ternyata belom dapet juga… untuk hari ini, kayaknya cukup sekian dulu deh perjuangan para pemburu bandwith. karena udah kecapekan lemes, haus… langsung pada tepar di Lab BP..

tunggu di postingan “Nembak APFTSPnet (2)”….

Written by ajiputra

October 9, 2007 at 15:35

Posted in Biasa-biasa aja

Sebelum Liburan

with one comment

Ah.. Akhirnya hari-hari yang dinanti bakalan dateng juga..! Liburan coy… bukanya apa-apa mungkin aku orang yang paling bahagia sekarang ini.. soalnya setelah beberapa minggu akhir-akhir ini, selalu aja aku dapet kesibukan yang bejibun.. gimana enggak? tiap hari pasti ada aja praktikan (SISOP maupun BP) pada ngantri asistensi. Dari pagi ampe sore bahkan ngga jarang sampe malem jam 8 baru kelar anak-anak ACC-nya. soalnya kalo asistensi sama aku pasti aku pake mode Face-To-Face. Satu orang praktikan dateng dengan membawa Tugas Pendahuluannya, lalu ku hajar habis (hehehe..) mulai aku tanya dia njiplak atau ngga.. sampe simulasi, flowchart, algoritma.. pokoknya sampe dia mblenger dan kapok lagi ACC sama aku.. tapi ya besoknya mesti diulangi lagi ACC sama aku.

Tapi walaupun begitu, merek-mereka juga yang bakalan ngelanjutin perjuangan kami. Perjuangan anak2 informatika (yah.. itung2 latihan DasMil-nya lah). Sedikit-demi-sedikit aku masukin ilmu-ilmu kedisiplinan yang nantinya bakalan dipake pada saat dunia kerja nanti setelah lulus nanti. Kalo bukan kita, siapa lagi… Kan supaya nantinya keliatan bahwa lulusan Informatika tuh keliatan berbeda daripada luusan informatika dari kampus lain.

Ok. Bac to the topic.. mulai lusa udah bisa liburan nih oi.. rencana ku sih gak muluk-muluk.. pertama2 pastinya mudik ke rumah Mbah di Semarang dan Jogja. lalu mungkin menghabiskan waktu dengan mainan baruku(UBUNTU). minimal itu lah.

Walaupun liburannya masih lusa, tapi baunya udah kecium dari hari ini.. Waahh… Lebaran, pulang kampung, kumpul2 keluarga, makan ketupat, jalan-jalan mungkin itu yang terbayang saat ini soalnya aku jarang liburan sih… jadinya ya Selamat Liburan buat semua yo…

Written by ajiputra

October 9, 2007 at 11:22