Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

Selamat Hari SUMPAH PEMUDA…!!

leave a comment »

PANCA DHARMA SATYA RESIMEN MAHASISWA INDONESIA

  1. KAMI ADALAH MAHASISWA WARGA NEGARA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA.
  2. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG SADAR AKAN TANGGUNG JAWAB SERTA KEHORMATAN AKAN PEMBELAAN NEGARA DAN TIDAK KENAL MENYERAH.
  3. KAMI PUTRA INDONESIA YANG BERJIWA KESATRIA DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SERTA MEMBELA KEJUJURAN DAN KEADILAN.
  4. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG MENJUJJUNG TINGGI NAMA DAN KEHORMATAN GARBA ILMIAH DANSADAR AKAN HARI DEPAN BANGSA DAN NEGARA.
  5. KAMI ADALAH MAHASISWA YANG MEMEGANG TEGUH DISIPLIN LAHIR DAN BATIN, PERCAYA PADA DIRISENDIRI DAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NASIONAL DIATAS KEPENTINGAN PRIBADI MAUPUN GOLONGAN.

 
Tulisan diatas bukan hanya sekedar janji yang diucapkan oleh seorang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa), tapi merupakan sebuah janji yang harus diamalkan oleh para anggota menwa. Baik dalam bentuk lisan dan perbuatan.

Dalam era yang seperti ini, entah tinggal berapa persentase para pemuda khususnya mahasiswa yang memiliki rasa disiplin dan mempunyai jiwa nasionalisme yang kuat. Sekarang coba kita lihat, berapa banyak budaya dari luar yang masuk ke negara kita tercinta ini sehingga menyingkirkan budaya-budaya Indonesia.

Salah satu cara menunjukan dan melatih jiwa cinta tanah air di lingkungan mahasiswa salah satu bentuknya adalah bergabung dengan keanggotaan Resemen Mahasiswa. Tapi tawaran untuk bergabung dengan Menwa kebanyakan langsung dibuang mentah-mentah oleh para mahasiswa. Dikarenakan oleh kesalah pahaman dan perbedaan tentang cara pandang melihat Menwa oleh mahasiswa.

Banyak yang mengira Menwa merupakan sisi militerisme dari sebuah kampus, dan militerisme diidentikan dengan kekerasan, sehingga para mahasiswa langsung memandang negatif tentang menwa sebelum melihat ke sisi dalam dari Resimen Mahasiswa itu sendiri. Padahal jika mereka tidak dihantui perasaan yang sedemikian itu, maka yang mereka lihat sebenarnya tidak akan seburuk yang merekaa bayangkan selama ini.

Tapi dibalik itu semua, Resimen Mahasiswa pada dasarnya adalah sebuah wadah organisasi yang berorientasi akan pembelaan negara (Pasal 30 UUD 1945). Menwa juga merupakan tempat untuk melatih disiplin, melatih mental, fisik, dan kepribadian kita. Menwa lahir karena sejarah yang panjang dan tidak akan luntur karena sejarah itu pula.

Buat para Anggota Menwa, semua Pemuda Indonesia, dan semua yang (masih) berjiwa muda, Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari kita wujudkan pemuda Indonesia yang tangguh, berjiwa nasionalisme, dan memiliki disiplin tinggi.

Advertisements

Written by ajiputra

October 27, 2007 at 09:58

Posted in Batalyon 806

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: