Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

PRADIKPROV angkatan XI

with 35 comments

Akhirnya, Satmenwa UPN “veteran” Jatim telah mempunyai dua orang anggota baru di korps Provost. Perlu dijelaskan sedikit bahwa Provost adalah penegak disiplin dari sebuah satuan Resimen Mahasiswa. Seragamnya sama seperti halnya anggota Menwa lainnya, menggunakan seragam hijau dan menggunakan Baret Ungu. Tapi bedanya anggota provost menggunakan beberapa perlengkapan tambahan seperti tali koor putih, kopel putih, hoster pistol (terkadang juga berisi pistol), hoster magasen yang di pasang di kopel putih, dan selempang putih.

Seperti yang diketahui orang-orang banyak, Provost biasanya dijumpai di dunia militer (TNI). Tapi sebetulnya dalam sebuah satuan Resimen Mahasiswa juga memiliki jajaran-jajaran yang penamaannya sama seperti yang dimiliki di dunia militer. Seperti misalnya saja seorang pimpinan di Resimen Mahasiswa juga dipanggil dengan sebutan Komandan (biasanya bawahan menyapa dengan sapaan Ndan), begitu pula dalam jajaran stafnya, ada yang dipanggil dengan sebutan Dankima, Dankipas, dan lain lain.

Jumat pagi (23/11) sekitar jam 8, saya selakunya Komandan Satuan di Resimen Mahaiswa UPN “Veteran” jatim secara resmi menyatakan peresmian dimulainya Pradikprov angkatan XI (Pra Pendidikan Provost). Kenapa kok namanya Pra?? Karena didalam lingkup satuan(universitas) hanya bisa melaksanakan pra-nya saja. Sedangakan Pendidikan provost yang sesungguhnya diadakan oleh Skomen (Staf Komando Resimen Mahasiswa), dan biasanya DIKPROV dilaksanakan tidak pasti setiap setahun sekali. Maka dari itu perlu diadakannya pradikprov di setiap lingkup satuan. Dan pelaksanaan disetiap Satuan mempunyai tradisi yang berbeda-beda. Ada yang diaksanakan selama 4 hari, ada pula yang hanya melaksanakan pembayatan calon provost selama semalaman suntuk (untuk tradisi pengambilan alkap provost).

Baiklah, saya sebagai Komandan Resimen Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim dengan ini juga menyatakan selamat kepada para anggota baru Provost Batalyon 806 yaitu DANU SURYO NUGROHO dan ADITYA HARRI ANGGORO. Semoga nantinya kalian bisa menjadi seorang Provost yang tangguh, serta bisa menjadi contoh yang baik bagi para anggota maupun staff dari segala hal, baik kedisiplinan, penampilan, dan loyalitas.

GIRI YUDHA BHAKTI…..!!!

nb:skrinsutnya nyusul yaa… *yang penting posting dulu…*

Advertisements

Written by ajiputra

November 27, 2007 at 16:07

Posted in Batalyon 806

35 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. huaaaaaaaaaa… aku kok tetep ndak mudheng? T_T
    ini kayak militer2 gitu ya, ji?
    maaph kalo salah! 😐

    Juminten

    December 3, 2007 at 21:59

  2. siap pakumandan….

    costfix

    December 4, 2007 at 13:56

  3. klo ikutan gituan untungnya apa tho mas ?
    sekalian aja masuk angkatan. .
    jangan2 pelampiasan gara2 ngga diterima di angkatan ya ;;)

    Funkshit

    December 5, 2007 at 12:36

  4. # nilla
    bukan militer, tapi cuma mirip dan ngambil sedikit ilmu dari sana…

    # farid
    bah…

    # funkshit
    mumpung masih jadi mahasiswa mas… kalo jadi angkatan ntar susah mau ngapain2…

    ajiputra

    December 6, 2007 at 13:20

  5. Hello, salam kenal yah. Nice blog you have.

    bangbadi

    December 8, 2007 at 12:55

  6. mas aji selain ngumpul hari sabtu ga ada yah 😥 soalnya tubrukan sama jadwal latian basket ni!! padahal sama2 pngen ngikut ya menwa ya basket gituu 😀

    Hanzo

    December 11, 2007 at 22:32

  7. WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA

    VIVA RESIMEN MAHASISWA INDONESIA…!!!

    VIOLET BARRET NEVER DIE!

    samudra cendekia

    December 28, 2007 at 11:32

  8. # Bang badi
    Salam kenal juga…

    # Hanzo
    Ya ikut aja…

    # Samudra cendekia
    Salam dari YON 806 UPN “Veteran” Jatim…

    ajiputra

    December 28, 2007 at 17:48

  9. widya castrena dharma siddha…

    salam kenal…salam korp baret ungu..
    hidup menwa…hidup mahasiswa…
    salam persahabatan dari kami menwa mahadasa sat 103/malikussaleh, lhokseumawe,,Aceh,,
    semoga tali persahabatan tetap kokoh sepnjang masa…
    baret ungu tetap jaya….

    Violet Berret’s

  10. MARS MENWA

    Semerah darah sebening air mata
    Itu semboyan kita…………..
    Majulah…Ayo maju
    Pantang menyerah
    Sebelum…kita menang…Pasti menang
    ingatlah selalu….. akan tugas wajibmu
    Tetap insyaf dan sadar
    Ingatlah Junjunglah selalu…nama corps kita
    Baret ungu…tetap…ja…ya…

    By : Sat 103/unimal

  11. salam widya castrena dharma siddha, menwa moga jawa salam kenal dari bambang hadi purwanto S.Pd. alumni MENWA SATUAN 805 Universitas Negeri Malang.

    bambang hadi purwanto

    April 10, 2008 at 15:24

  12. salam widya castrena dharma siddha, menwa moga jaya salam kenal dari kaomandan satuan 103/ unimal lhokseumawe

    aezmar

    April 21, 2008 at 20:20

  13. Dear…..Violet berret’s..

    salam kenal dari penghujung nusantara…
    baret ungu tetap jaya…..

    mas aji,,,leh tau kegiatan apa ja slama ini di sat 806 mahasurya?

    jangn lupa undangannya disebarin ke Aceh juga ya…
    insyaallah kami dari sat 103 malikussleh ikut berpartisipasi.

    salm kenal dri provost sat 103 malikussaleh..
    url : http://www.menwasat-03um.blogspot.com

  14. salam baret ungu.
    ayo jalin silaturahmi.

    satuan 03 menwa uin suka jogja

    July 27, 2008 at 09:01

  15. salam baret ungu jayalah sampai titik darah penghabisan. jangan kau tanyakan apa yang kau berikan pada negara, tapi tanyakan apa yang kau sumbangkan pada negara salam dari didin eko prasetiyo, S.Pd alumni menwa 811 wira cakti yudha universitas islam negeri malang diklar 50

    DIDIN EKO PRASETIYO,S.PD

    December 14, 2008 at 15:10

  16. Didi budiyanto
    karier dimenwa
    1.Anggota baru :Latradis dan diksar
    2. Danpokpas A periode 2003
    3. Danpokpas B periode 2004
    4.DPO

    kesan
    bangga aja tentunya,yg pasti sangat senang sebagai seorang mahasiswa bisa belajar ilmu olah keprajuritan

    pesan

    tetap kompak dan jaga disiplin

    Didi budiyanto

    January 18, 2009 at 01:30

  17. kalau boleh saya nitip anggota saya untuk ikut dik prov karena di tulungagung tidak ada kegiatan seperti itu Dan
    salam komando Dari satuan Unita

    peni

    January 18, 2009 at 20:47

  18. WIDYA CASTRENA DHARMA SHIDDA

    Salam komando…
    Menwa tetap JAYA g akan MATI

    jaga Kekompakan ! ! !

    Salam kenal dari Provoost Sat 951 “JAYA SAKTI”
    Politeknik Pratama Mulia Saurakarta

    bayu kencoro

    March 5, 2009 at 10:14

  19. saya menwa mahasurya senior kalian diklatsar angkatan 43 dodikjur malang
    perjuangkan nama besar dan kehormatan menwa sampai kapanpun darah menwa tetap melekat menjadi kebanggaan buatlah menwa menjadi besar
    saya dengar skomenwa mau nengadakan reuni kapan ?
    saya tunngu beritanya

    bambang w

    March 5, 2009 at 21:37

  20. slamat yang buat para anggota provost yang baru semoga dapat meningkatkan displin para anggota menwa. kalau di satuan saya pendidikan provost di namakan basis provost selama satu minggu. pertama2 anggota kami saya kirim ke jogja tuk pendidikan provost, habis itu kita basis lagi.

    linda setyawan

    April 6, 2009 at 18:46

  21. JADI PROVOST JANGAN ELEK-ELEKAN,TAK JUNGKIR KAMU NTI……..

    POLMEN

    May 15, 2009 at 17:20

  22. SALAM komando, saya berharap para anggota provost, dapat memberi contoh displin yang tinggi bagi para anggota, kalau di MENWA ums pendidikan provost, dinamakan BASIS PROVOST dilatih dari para provost, selama SATU MINGGU, HABIS ITU DI KIRIM KE JOGJA TUK MENGIKUTI DIKPROV DISANA SLAMA SATU MINGGU, salam komando JAYA MENWA

    916 samber nyowo

    May 15, 2009 at 17:28

  23. gmna kbrnya bro…neni mau nikah tu..apa di undang km? skrng krja dmna?

    syaiful

    June 3, 2009 at 12:25

  24. hidup para prajurit tanpa gaji……
    ABCD = Abri bukan cepak doang

    kartrok

    June 5, 2009 at 00:44

  25. kalo boleh tau naik pangkat nya berapa tahun sekali ya pak……?
    ada ngak lowongan tuk jadi staf juru bayar nya? atau proyek untuk bangun asrama nya
    ha hahahahahaahha…………..

    kartrok

    June 5, 2009 at 00:52

  26. saran saya kl mengadakan pradiklat sperti Diksar atau Provost atau yang lainnya,jangan terlalu keras dan hilangkan unsur kontak body seperti tamparan,pukulan,tendangan dan lain-lain.kasihlah hukuman2 yang sifatnya mendidik.ini smua demi kesuksesan menwa mahasurya di akan datang.

    irawan

    June 5, 2009 at 18:27

  27. AJI BAGAIMANA KHABARMU

    HERMANTO SASMITA

    July 18, 2009 at 01:53

  28. Meskipun saya gagal menjadi anggota resiman mahasisiswa di satuan 03 UIN SUKA YK, tapi saya tetap bangga terhadap MENWA, anggota menwa merupakan calon penerus bangsa yang unggul, berdedikasi, dan punya disipli tinggi, MAJU TERUS MENWA INDONESIA

    Miftahul Ulum

    August 24, 2009 at 10:36

  29. komando!! salam dari pusdik Passus batujajar

    novian triyuwono

    December 17, 2009 at 07:25

  30. VIVA Korps Baret UNGU
    WCDS tetap dihati walau sudah 20 tahun ….

    Djoe

    January 21, 2010 at 23:19

  31. semoga pradig latsar LXIII berjalan SUkses…….. !!!!

    Anak MAcan

    October 11, 2010 at 13:21

  32. menwa tetap jaya selamanya…………………baret ungu……………. 🙂

    mahakarta

    jack

    February 16, 2012 at 22:42

    • i love menwa indonesia……………………..maju terus pantang mundur………….
      satukan jiwa korsa kita………………..
      salam tuk rekan menwa senusantara
      mahakarta……………………….. 🙂

      jack

      February 16, 2012 at 22:45

  33. Klo blh teu gajinya berapa gan wkwkwkwk ganti ae pke nama hansip mlh lbh pd tau. Wkwkwk hidup Hansip kampus ckakaka

    dinto

    June 5, 2012 at 02:27

  34. askum,pak didin!gmn kbrnya? ketemu lagi dengan saya temen camen menwa yon 811/wira cakty latsar 50/2001,email aku ya?dari seputaran makam gus dur,jombang

    wiracakty

    December 12, 2014 at 08:08


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: