Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

Archive for January 2008

Oh, Getah Pohon Jarak…

with 16 comments

Setelah ngeliat postingan mba yang satu ini, saya jadi inget semasa kecil dulu jaman saya SD. Lho jadi apa hubungannya antara si Nilla, Pohon Jarak, sama Semasa saya SD dahulu kala?

Jadi begini loh, Nilla kan cerita kalo lidahnya kegigit pas waktu dia tidur, *makanya La, kalo tidur giginya ditaruh di meja aja biar ngga kelayapan kemana2… :d * Sampe-sampe lidahnya berdarah-darah luka, hmm gitu sih katanya menurut berita yang aku baca…

Trus, hubungannya ama pohon jarak dan semasa SD apaan Ji?
Waktu itu, waktu kecil dulu, waktu rumahku masih di Kampung Kelapa Dua dulu (Bogor =tapi sekarang Depok). Pohon Jarak yang letaknya persis di belakang rumah saya dan persis juga di samping Kuburan sebuah Keluarga bangsawan disana, dimasa itu cukup berguna buat kesehatan masyarakat. Terutama bagi warga yang sedang mengalami sakit sariawan, baik sariawan di Lidah maupun di Bibir.

Pohon Jarak 1Pohon Jarak 2

Pasti lah, setiap orang yang lagi sariawan langsung aja menuju pohon jarak tersebut dan ngambil sedikit batangnya yang masih hijau segar. Disitu kan nanti keluar getah kental warna bening (apa putih ya… lupa). Trus getahnya itu di oles-oleskan ke tempat pusat sariawannya. Rasanya sih emang agak perih banget sedikit. Tapi khasiatnya boleh diadu sama obat-obat sariawan… Dibanding Obat sariawan yang dijual di pasaran, menurut penelitian saya getah jarak terbukti 80% lebih manjur mengobari sariawan.

Pengalaman pertama berobat pake Getah Jarak yaitu pas saya ngeliat seorang anak kecil yang sedang krusak-krusuk di kebon Jarak samping kuburan. Setelah saya tanya, “Lagi ngapain Neng?”

“Lagi ngobatin sariawan, Bang”, katanya terus pergi lagi lari ke rumahnya.

Pikirku kok aneh ya getah jarak kok buat obat sariawan, tapi ternyata setelah aku coba sendiri sewaktu terkena serangan sariawan, aku coba lah getah itu. Eh ternyata bener, manjur… Swer…

Nah, Sekarang kegunaan Pohon Jarak udah bertambah lagi setelah menjadi obat sariawan tradisional, sudah lebih maju sebagai bahan untuk membuat bahan bakar biodiesel. Keren Ya…!!

Advertisements

Written by ajiputra

January 28, 2008 at 20:10

Bego Banget…!!!

with 9 comments

closed

Written by ajiputra

January 18, 2008 at 20:24

Asal-Usul Chrystia Aji Putra

with 17 comments

Kalo pertama kenalan, biasanya aku kenalan dengan nama Aji… tapi dengan beberapa urusan yang-berbeda-dengan-biasanya saya biasanya kenalan dengan nama Chrys (baca: Kris). Jadi saya bisa inget bedanya kalo pas ada orang yang manggil pakek nama “aji” dan pakek nama”kris”. Banyak orang mengira kalo saya itu pasti agamanya Nasrani… Sampe2 suatu saat saya pernah diajak ikut PD *Persekutuan Doa* sama anak2 UKKK (Unit Kegiatan Kerohanian Kristen) di UPN. Padahal Engga lho… Aku dari kecil udah terlahir sebagai Muslim. Bahkan dari keluargaku ngga ada yang silsilahnya yang Non-Muslim.

Daripada bingung ngeliatin judul diatas yang ngga nyambung banget ama paragraf pertamax tadi, nih aku ceritain bagaimana asal usul namaku itu kok bisa jadi Chrystia Aji Putra…

Baiklah, kita mulai dari kata pertama dari namaku. CHRYSTIA? kenapa kok orang tuaku ngasih nama CHRYSTIA?? Jadi begini loh, waktu pas aku lahir, Bapak-ku Yang tercinta menemukan sebuah senjata tradisional daerah jawa (tapi jawa mana ya..?) bisa tebak? Yup betul, KERIS. nemunya pas sebelum berangkat ke Rumah Sakit SETIA BHAKTI di depan rumah dibawah jendela kamar utama. *Tempatku dilahirkan ke dunia fana ini* sebelum aku lahir. Lha, kok bisa dari KERIS jadi CHRYS… bingung khan?? Aku juga bingung, wez pokoknya kata bapakku ya itu… Kalo mau tau lebih jelasnya tanya aja sama bapakku. Dan sampe sekarang juga aku belom lihat wujudnya tuh Keris kaya’ apaan (katanya sih, Bapakku masih nyimpen).

Terus Lanjot…

STIA… itu ada sejarahnya juga lho… Konon dulu waktu aku lahir, Bapakku masih kuliah di STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi), tau gak STIA YAPPAN di daerah Tanjung Barat (JakSel kalo ngga salah) sekarang masih ada ngga yaa?, tapi ngga tau waktu itu semester berapa dan jurusannya apa, Sampe akhirnya lulus dan dapet gelar Drs *Dokterandes ya?*, Hmm kalo sekarang SE lah.

Jadi kalo digabung namanya menjadi CHRYSTIA gitu…

Trus, AJI asalnya dari mana?? kalo Aji itu nama pemberian dari Ibu-ku tercinta, yang konon juga dulu itu ada seorang pemuda yang namanya Aji dan orangnya rajin, baik, dan lain lain lah… gitu kata Ibuku, kalo mau lebih jelasnya tanya ibuku aja…

Yang terakhir, PUTRA… dapet nama Putra yah karena tau sendiri lah aku kan Laki-laki. kalo cewek ya pasti dikasih nama PUTRI..

Yah, jadilah serangkaian nama yang indah dan bermakna sangat amat dalam buat Orang tua ku…

CHRYSTIA AJI PUTRA.

Yang sampe sekarang masih hidup dn selalu berjuang terus demi mencapai tujuan hidupnya *halah…*. Nah sekian lah asal usulnya namaku. Bagi yang mau tanya lebih lanjut, tanya aja sama Bapak-Ibu-ku….

Written by ajiputra

January 8, 2008 at 08:47

Posted in Biasa-biasa aja

Udah 2008!! bangun Ji….!!!

with 12 comments

Gak terasa… dari semenjak gue lahir ampe sekarang udah 21 tahun yah…

Terus, yang lebih parah lagi… sekarang udah tahun 2008 cing, Bumi udah semakin tua, langit udah pada bolong-bolong, hutan udah banyak yang gundul, manusia juga semakin banyak tingkah yang aneh2…

Tapi yang terpenting sekarang bukan cuman buat mikirin masalah2 diluar sana dulu ji…!! Sekarang udah tahun 2008, bangun Ji… *Gak nyadar apa temen loe yang satu ini sekarang udah jadi S.Kom??? Hah?? Apa loe gak kepingin juga??*

Iya-iya sada-sadar… Aku harus bangkit, mengawali awal tahun ini dan seterusnya semua harus aku kerjain lebih serius dan lebih giat lagi. Demi mendapat semua yang udah aku targetkan tahun ini, dengan cara banyak2 berusaha dan banyak berdoa aku harus bisa mulai sekarang juga… yak, bangkit!!! Bahagiakan orang tua mu Ji… Ingat jerih payah Mereka yang telah mendidik dan mengasuh kamu sampe anaknya segede Gaban gini *ngambil istilahnya mas galih*.

2008, mudah2an semua perubahan bakal terwujud tahun ini… Amien Ya Alloh…

Written by ajiputra

January 2, 2008 at 15:16

Posted in curahan hati