Ajiputra

.:: tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam ::.

Archive for the ‘TF-Asisten [AsPrak]’ Category

Searching OOP dengan C++

with 3 comments

Jadi begini, anggaplah kita sudah mendeklarasikan sebuah class buku seperti ini:

class buku
{
public:
buku(){};
~buku(){};
virtual void input();
virtual void tampilkan();
char ISBN[6];
char Judul_Buku[20];
char Pengarang[30];
double harga;
int stok;
};
int cnt_buku;
buku Buku[1000];

Objek dari class buku dibuat yang bernama Buku. Asumsikan kita sudah memiliki fungsi input, tampil, dan beberapa fungsi pendukung. Dan ini merupakan fungsi mencari data buku yang sudah disimpan.

int cari_berdasarkan_ISBN()
{
char cari_ISBN[6];
int find;
int set;
int ketemu =1;
if(cnt_buku==0)
{
cout<<“Koleksi Buku belum ada”<<endl;
getch();
}
else
{
cout<<” Masukkan Nomor ISBN yang dicari “;
cin>>cari_ISBN;
strupr(cari_ISBN);
find = 1;
set=1;
while(find<=cnt_buku && set)
{
ketemu = strcmp(cari_ISBN,Buku[find].ISBN);
if(ketemu == 0)
{
//tampilkan hasil pencarian berdasarkan ISBN
return(find);
set=0;
getch();
}
else
{
find++;
}
}
find–;
if(find == cnt_buku && ketemu!=0)
{
cout<<” Buku tidak ditemukan “<<endl;
return(0);
}
}
set=1;
getch();
};

Semoga Bermanfaat.

Advertisements

Written by ajiputra

December 15, 2009 at 16:38

Selamat…! M. Farid Ramadhan, S.Kom

with 12 comments

Hari ini mungkin si pemilik blog cosTFix.net alias si Ucup *begitulah aku menyapanya* menjadi orang yang paling bahagia se-Dunia…

Karena hari ini adalah sebuah hari yang sangat penting buat ucup. Ya.. hari ini si ucup menjalani ujian lisan, yaitu ujian paling akhir untuk meraih gelar sarjana di UPN (Jatim). Yang katanya pengujinya “sangar-sangar”… tapi aku yakin betul si ucup bakalan dinyatakan lulus pas yudisium sore ini. Dengan TA-nya tentang kompresi SMS yang mbulet *aku gak mudeng* soale codingnya gak karu2an mbulet… pokoknya wez mantaf lah…. (nanti bisa di donlot di blognya kok).

Ucup itu satu-satunya mahasiswa TF angkatan 2004 yang berhasil lulus 3 tahun 4 bulan. *hebat euy*

Dah gak usah banyak omong, pokoke selamat dah buat

Muhammad Farid Ramadhan, S.Kom.

Tunggu aku 2008 bakal nyusul juga jadi S.Kom…..

*penutup= Lagu Go De Amus*

Written by ajiputra

December 14, 2007 at 17:14

Programming…? (dibuat mainan ajah…)

with 3 comments

Semakin banyaknya para praktikan yang makin ngga mudeng alias nggak faham soal coding alias pemrograman. Berdasar dari keluh kesah rekan2 praktikan yang kurang faham pemrograman. Sering kali aku (lagi di Lab) lagi ngerjain tugas, sesekali datanglah praktikan yang tiba-tiba ketok pintu dan masuk lab rame-rame terus tanya-tanya soal pemrograman. Yah kalo yang nanya cuman 1-2 orang sih langsung aku ladenin, tapi setiap dateng paling engga ada 10-15an orang yang dateng. Busyet.. Ini mananya keroyokan… Mana tahan aku ngehadepin orang segitu banyaknya…

Walhasil, berhubung di lab juga lagi kosong (gak ada praktikum), langsung aja terselenggara pelatihan yang amat-amat singkat tentang pemrograman.

Pesan saya buat para praktikan, terutama masalah pemrograman, dibuat mainan aja. Anggep kalo kamu tuh lagi main game kesayanganmu dan lagi berusaha memecahkan misi yang sangat besar dalam permainan tersebut. Nanti kalo soalnya sudah terpecahkan kan kalian juga yang enak…

Ini ada sedikit oleh2 buat belajar di rumah, sedikit materi tentang Algoritma dan Flowchart. Donlot disini ya..

Written by ajiputra

November 13, 2007 at 14:16

Asprak… oh Asprak…

with 2 comments

ASPRAK, Bukan ASDOS.. kata-kata itulah yang sekarang ini sering aku ingatkan kepada teman2 baik sesama asprak maupun praktikan. Eh, Asprak itu apa sih.. Asprak itu kependekan dari Asisten Praktikum, beda dengan ASDOS (Asisten Dosen). Dari Nama, Sebutan, Tugas, bahkan Gaji-nya juga beda banget tuh. Kalo Asprak itu tugasnya ngurusin praktikum, mulai dari ngasih tugas pendahuluan ke praktikan, meng-asistensi praktikan, jagain praktikum, sampe ngasih nilai-nilai praktikan, tentunya kita pun gak sembarangan ngasihnya. Didalam sana sudah ada rule-rule dan aturan main yang berlaku yang harus di taati oleh asprak dan para praktikan. Kalo Asdos beda lagi… dia itu Asisten Dosen, beda lagi kerjaanya sama kita (Asprak) apalagi gaji-nya.

Sudah sekian lama aku menyandang “gelar” Asprak di Informatika UPN ini, kalo di hitung-hitung, kira kira sudah 2 tahun beberapa bulan lah. Pastinya mulai dari semester 3 aku sudah jadi Asprak. Mungkin pada heran… semester 3 kok sudah bisa jadi Asprak ya?? yah harap maklum, Jurusan Informatika UPN adalah jurusan termuda yang dimiliki UPN. Waktu saya masuk kuliah dulu, saya merupakan generasi ke-2 (Alias angkatan ke-2) dari Informatika UPN. Dan di TF UPN masih belum memiliki banyak asisten dari angkatan 2003 (jadinya kekurangan asisten di TF), jadinya pas waktu saya semester 3 waktu itu ada lowongan perekrutan asisten, saya coba lah itu lowongan bersama beberapa teman2 saya. Alhasil, ada yang keterima dan sebagian ngga diterima. dan dari yang diterima jadi Asprak yang masih tetap “bertahan” sampe sekarang ada saya, farid, juliant, ulfah, dan masih banyak lagi.

Sampai sekarang, banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari segi saya sebagai Asprak. Banyak pengalaman, banyak pengetahuan, tambahan buat beli pulsa, dsb… Dan tidak sedikit pula saya menerima banyak respon baik positif maupun negatif dari mahasiswa TF (yang biasa-biasa aja). Kadang ada yang seneng sama Asprak, suka sama Asprak (apalagi kalo diminta ngajarin materi kuliah yang gak ngerti, mesti nanya’nya ke asprak dulu), dan tidak jarang banyak juga yang membenci asprak, menghujat, bahkan melakukan tindakan2 yang engga-engga kepada Asprak. Itu semua saya anggap sebagai pahit dan manisnya menjadi seorang Asprak.

Asprak… Oh Asprak…

Dan kelihatannya semester ini adalah tahun terakhir saya menjadi Asprak, mudah2an tahun depan saya udah kelar TA dapet S,Kom, dan melanjutkan perjalanan hidup saya ke metamorfosa selanjutnya. Saya cuma bisa berdoa dan berharap, semoga generasi Asprak mendatang lebih baik lagi dari yang sekarang, Amin.

Hidup Asprak..!! Hidup TF..!!

Written by ajiputra

October 30, 2007 at 12:26

Sebelum Liburan

with one comment

Ah.. Akhirnya hari-hari yang dinanti bakalan dateng juga..! Liburan coy… bukanya apa-apa mungkin aku orang yang paling bahagia sekarang ini.. soalnya setelah beberapa minggu akhir-akhir ini, selalu aja aku dapet kesibukan yang bejibun.. gimana enggak? tiap hari pasti ada aja praktikan (SISOP maupun BP) pada ngantri asistensi. Dari pagi ampe sore bahkan ngga jarang sampe malem jam 8 baru kelar anak-anak ACC-nya. soalnya kalo asistensi sama aku pasti aku pake mode Face-To-Face. Satu orang praktikan dateng dengan membawa Tugas Pendahuluannya, lalu ku hajar habis (hehehe..) mulai aku tanya dia njiplak atau ngga.. sampe simulasi, flowchart, algoritma.. pokoknya sampe dia mblenger dan kapok lagi ACC sama aku.. tapi ya besoknya mesti diulangi lagi ACC sama aku.

Tapi walaupun begitu, merek-mereka juga yang bakalan ngelanjutin perjuangan kami. Perjuangan anak2 informatika (yah.. itung2 latihan DasMil-nya lah). Sedikit-demi-sedikit aku masukin ilmu-ilmu kedisiplinan yang nantinya bakalan dipake pada saat dunia kerja nanti setelah lulus nanti. Kalo bukan kita, siapa lagi… Kan supaya nantinya keliatan bahwa lulusan Informatika tuh keliatan berbeda daripada luusan informatika dari kampus lain.

Ok. Bac to the topic.. mulai lusa udah bisa liburan nih oi.. rencana ku sih gak muluk-muluk.. pertama2 pastinya mudik ke rumah Mbah di Semarang dan Jogja. lalu mungkin menghabiskan waktu dengan mainan baruku(UBUNTU). minimal itu lah.

Walaupun liburannya masih lusa, tapi baunya udah kecium dari hari ini.. Waahh… Lebaran, pulang kampung, kumpul2 keluarga, makan ketupat, jalan-jalan mungkin itu yang terbayang saat ini soalnya aku jarang liburan sih… jadinya ya Selamat Liburan buat semua yo…

Written by ajiputra

October 9, 2007 at 11:22

coba tambah

leave a comment »

coba tambah kategori baru TF – Asisten

Written by ajiputra

October 4, 2007 at 07:31